Situs Resmi Perbasi Jatim

Berita Hangat

 

 

SURABAYA- Gelaran Pra Porprov 2013 digaransi bakal menghadirkan tensi tinggi di setiap laganya.

Read more...
You are here: Home Database Klub Kado Manis Tim Basket Jatim Untuk Ultah Surabaya Ke-720

Kado Manis Tim Basket Jatim Untuk Ultah Surabaya Ke-720

E-mail Print PDF

SURABAYA- Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur (Jatim) yang tengah merayakan ulang tahun ke-720, Jumat (31/5) kemarin, mendapatkan kado

nan sangat berkesan dari Tim Basket Jatim KU-16. Kado itu bernama kemenangan yang dipetik tim Jatim ketika berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) KU-16 2013, Sabtu (1/6). Bertanding di GOR CLS Kertajaya, Surabaya, tim putra dan putri Jatim berhasil membabat semua lawan-lawannya.

 

Tim putra yang diarsiteki Wahyu Budi Santoso sukses menjungkalkan Banten di laga pool A dengan skor supertelak 93-36. Seolah tak mau kalah dengan para arjunanya, para srikandi Jatim yang berada di pool X juga tampil trengginas. Tim racikan Mulyadi tersebut berhasil membenamkan Banten dengan skor tak kalah telak 92-42.

 

Arek-arek Jatim memang terlihat superior atas lawan-lawannya tersebut. Tim putra, misalnya. Wilson Pranata seolah tak mengeluarkan banyak keringat untuk mendapatkan victory. Sejak kuarter pertama, mereka selalu berhasil leading jauh.

 

Di kuarter pertama, Wilson dkk sudah unggul dengan skor 26-4. Mereka menutup kuarter kedua dengan keunggulan telak 60-16. Yang menjadi catatan penting, meski sudah leading dengan skor telak, para pemain Jatim tak mengendurkan semangat di paruh kedua. Di kuater ketiga, Jatim menang dengan skor 78-26.

 

Hal yang sama juga terjadi di sector putri. Kristanti Halim dkk selalu menunjukkan permainan spartan sejak awal hingga akhir pertandingan. Di kuarter pertama, mereka sudah leading dengan skor 26-8. Kondisi tak berubah di kuarter kedua. Kristanti dkk kembali menang dengan margin besar 41-19. Mereka seperti tak memberi kesempatan bagi tim Banten untuk bernafas. Di kuarter ketiga, Jatim kembali menang dengan skor 68-34.

 

Kemenangan telak tersebut tentu menjadi warning bagi semua calon lawan Jatim. Yang paling dekat adalah Jawa Tengah yang akan dihadapi hari ini (2/6). Namun, jajaran pelatih juga mesti memperbaiki beberapa kelemahan yang masih ditunjukkan arek-arek Jatim.

 

Di sector putra, contohnya. Meski sukses membukukan 43 rebound, namun komparasi antara offensive dan defensive terlihat tak seimbang. Wilson dkk hanya membukukan 19 ofensive rebound. Tapi saat defense, mereka sukses melakukan 24 rebound. Akurasi free throw juga mesti ditingkatkan. Dalam pertandingan itu, prosentase free throw Wilson dkk hanya mencapai 46 persen. Mereka hanya memasukkan 11 dari 24 kesempatan.

 

Tim putri pun wajib berbenah. Meski menang telak, masih banyak kelemahan yang ditunjukkan Kristanti dkk. Kelemahan paling mencolok adalah banyaknya turnover. Di laga tersebut, Kristanti dkk melakukan 32 turnover. Dari jumlah itu, Banten mampu membuat 14 poin. Jika tak diperbaiki, tentu hal tersebut akan menjadi santapan empuk bagi lawan yang memiliki kekuatan lebih baik dari Banten.

 

Akurasi field goal juga harus digenjot. Di game tersebut, akurasi Kristanti memang terlihat tak menonjol. Melakukan 111 percobaan, mereka hanya bisa memasukkan 39 tembakan atau cuma memiliki prosentase 35 persen.

 

Semua kelemahan tersebut wajib segera diperbaiki. Sebab, tensi pertandingan bakal semakin sengit. Jika mampu tampil konsisten dan hustle, peluang untuk terus memetik kemenangan tentu sangat terbuka lebar (dck/eyp)

Last Updated ( Wednesday, 05 June 2013 01:45 )  

Peta Administratif

Video


Poling

Apakah Web Ini bagus